Pernikahan Dibawah Umur

Beberapa waktu yang lalu,  kita sempat dikejutkan dengan pemberitaan tentang kyai menikahi wanita dibawah umur. Syeikh  Puji alias Pujiono  Cahyo Widianto (52),  menikahi  Maria Ulfa yang baru berusia 12 tahun. Ini menjadi sebuah polemik di negara kita, karena Indonesia berazaskan pada Pancasila dan Undang-Undang  Dasar.

Syeikh Puji selaku  kyai dan pimpinan salah satu pesantren di Semarang mengaku ia menikahi perempuan 12 tahun ini, karena  sudah diasuhnya sejak usia 6 tahun. Bila dilihat dari segi agama Islam pernikahan ini sah. Karena dilakukan secara syariat dan telah mendapat izin dari kedua orang tua Ulfa.

Di dalam undang undang UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 26, Orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab untuk  mengasuh, memelihara, mendidik dan melindungi anak menumbuh kembangkan anak sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatnya dan mencegah terjadinya perkawinan pada usia anak-anak. Sungguh disayangkan apabila ada orang atau orang tua melanggar undang-undang tersebut. Pemahaman tentang undang-undang tersebut harus dilakukan untuk melindungi anak dari perbuatan salah orang dewasa dan orang tua.

Namun bagaimanakah tentang dampak psikologis bagi anak itu sendiri? Secara psikis anak belum siap dan mengerti tentang hubungan seks, sehingga akan menimbulkan trauma psikis berkepanjangan. Belum lagi dampak biologis anak, alat-alat reproduksinya masih dalam proses menuju kematangan sehingga belum siap untuk melakukan hubungan seks. Apalagi jika sampai hamil kemudian melahirkan. Akan mendapatkan masalah baru yaitu masalah sosial, karena akan mendapat tekanan dari lingkungan sekitar.

Bila dilihat dari uraian di atas, jelas bila pernikahan diusia muda merugikan bagi sang anak. Jadi wajar bila pernikahan ini perlu ditentang. Dan kita sebagai calon orang tua harus tau akan hak seorang anak dalam tumbuh dan berkembang sebagai mana mestinya. << [text : putri]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: