Tidak Juga Bosan di Museum

Seringkah kita mengunjungi museum? Sebagian orang berpendapat pergi ke museum itu membosankan. Namun, sebagiannya lagi berkata pergi ke sana menambah ilmu pengetahuan. Apalagi jika kita pergi ke Museum Kesenian. Banyak kesenian-kesenian  bermanfaat untuk menumbuhkembangkan kreativitas kita untuk membuat sesuatu yang unik dan lebih menarik.

Festival yang digelar di Taman Fatahillah, Kota Tua ini bertajuk Festival Museum Day pada Rabu, 18 Mei 2011 lalu. Acara ini memperkenalkan museum yang ada di Jakarta. Ada 43 museum memeriahkan acara ini. Di antaranya Museum Layang-layang, Museum Wayang, Museum Seni Rupa & Keramik, Museum Tekstil, dan Museum Indonesia.

Di setiap museum ini, kami dipersilakan membuat karya. Di Museum Layang-layang kita disajikan selembar kertas yang digunakan untuk layang-layang dan menggambar apa saja, sehingga menjadi lebih menarik hasil akhirnya. Kemudian setelah itu diberikan lem yang direkatkan pada bambu yang tersambung dengan seuntai tali. Museum Wayang, kita belajar membuat wayang dari bahan bambu. Di stand ini juga menampilkan beberapa tokoh pewayangan terkenal.

Lain lagi dengan Museum Seni Rupa & Keramik. Kami membuat kerajinan tangan dari tanah liat dengan bentuk cetakan yang tersedia. Di Museum Tekstil, kami membuat aneka motif batik dengan kain polos yang diikat sesuai keinginan, lalu direndam beberapa pewarna tekstil. Rendaman pertama, cairan yang membuat agar pewarna selanjutnya menempel di kain. Setelah itu, dibersihan dengan air bersih. Museum Indonesia, hanya menyajikan alat musik angklung dari Jawa Barat. Kita bisa belajar memainkan musik daerah dengan angklung.

Sungguh menarik bukan? Selain kita mendapat pengetahuan, di museum-museum ini juga kita dapat meningkatkan kreativitas kita serta menyenangkan. Jadi, tidak mungkin tidak kita akan merasa bosan di museum. Karena ada banyak sekali kegiatan-kegiatan lain yang menginspirasi, khususnya kaum muda, untuk lebih mengenal budaya kita sendiri. « [teks & foto: putri]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: