My Story

Kami diberi tugas membuat newsblog dari pak Hagi Hagoromo mata kuliah Jurnalistik Online. Isinya ada 11 rubrik yang harus diisi dengan dibagi-bagi ke setiap anggota. Newsfloods nama blog kami, yang artinya kami akan membanjiri para pembaca dengan berita-berita yang kami peroleh. Kami menunjuk Adelina sebagai PemRed pertama, selang beberapa lama Tri menjadi PemRed baru. Anggota lainnya selain saya, Putri, ada Septi dan Dwi.

Tapi dibalik itu punya cerita sendiri-sendiri dari saya maupun dari anggota kelompok yang lain. Pertama liputan untuk newsblog ini saya dan anggota lainnya pergi ke Es Krim Ragusa (18/4) yang terletak di daerah Jakarta Pusat. Saat itu saya dan yang lainnya naik kereta ekonomi menuju Stasiun Juanda dari Stasiun Lenteng Agung. Isi penumpang kereta berjubel, sangat penuh. Saya hampir jatuh di dalamnya saking sesak. Ganti kereta di Stasiun Manggarai, saya bertemu pacar saya. Hilang rasa takut saya setelah bertemu. Setelah itu, baru naik kereta yang lumayan besar hingga tidak terlalu penuh oleh penumpang tapi penuh oleh pedangan asongan dan pengemis.

Sesampainya di sana, saya dan Septi hanya memesan 1 scope es krim masing-masing. Karena harga cukup mahal untuk mahasiswa seperti kami, jadi kami hanya memesan es krim yang paling murah hanya untuk sekedar icip. Saya waktu itu memesan es krim rasa vanilla. Rasanya lumayan enak.

Liputan selanjutnya kami semua ke rumah om Pepeng (20/4) untuk berbincang dengannya. Rumahnya berada di Cinere. Karena saat itu hujan turun deras, kamipun melanjutkan perbincangan dengan cukup lama. Beliau bercerita tentang masa mudanya dulu, hingga penyakit yang di deritanya sekarang. Kami juga berbincang tentang proyek yang akan dia buat dengan temannya.

Selanjutnya kami berlima liputan ke Festival Museum Day (18/5), yang diselenggarakan di Taman Museum Fatahillah, Kota Tua. Hujan deras pun datang ketika saya dan Septi sampai di sana. Kami semua berteduh di terowongan penyebarangam bawah tanah hingga hujan berhenti.

Saat ulang tahun Jakarta, hanya saya dan Dwi liputan ke Setu Babakan (22/6). Di sana menyelenggarakan acara setiap minggunya, hingga hari HUT Jakarta tiba. Pada saat liputan di sana, saya benar-benar lupa membawa dompet dan handycam. Untungnya ada Dwi yang membayar ongkos angkot saya dan membayar makan saya. Ini merupakan pengalaman saya yang baru, lupa membawa barang yang justru diperlukan.

Yang terakhir saya liputan pada Jakarnaval 2011 (26/6). Saya pergi ke sana berangkat bersama-sama dengan anggota kelompok lain dari kampus. Sesampainya di sana, saya tidak bertemu dengan anggota kelompok saya. Kecuali Septi, hanya bersama saat berangkat setelah itu kami pisah. Selama liputan, saya jalan berkeliling dari Jalan Merdeka Barat sampai balik lagi ke jalan itu. Saya berkeliling hanya berdua dengan Setiadi. Sangat menyenangkan sebetulnya, liputan berdua, jalan kaki pula.

Liputan sangat menyenangkan sebenarnya. Selain bisa jalan-jalan, saya juga bisa langsung terjun ke lapangan setelah itu melaporkan hasilnya dengan tulisan saya, walaupun belum maksimal. Panas, hujan, macet, keramaian orang saat berkunjung, dan lain-lain. Setidaknya saya puas dengan hasil keringat saya.

Untuk rapat redaksi sendiri, pada saat awal-awal saja kita rapat. Setelah itu sangat jarang untuk rapat. Jujur saja, koordinasi kelompok kami sangat kurang untuk masalah liputan ataupun untuk hal lainnya yang berhubungan dengan newsblog. Waktu kelompok lain sudah ada yang liputan ke tempat yang sudah ditentukan, kami belum liputan sama sekali. Bingung, yasudah saya liputan dengan Dwi berdua ke Setu Babakan. Saya sebenarnya kesal, tapi itu sudah terjadi dan kami juga tidak mempermasalahkan itu sekarang. Saya berharap, tidak ada masalah internal di kelompok newsblog setelah  ini. [putri sifa n.]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: