Adelina Version

Newsfloods adalah nama newsblog kami, Tri, Septi, Uti, Dwi. Awal pertama kali diberi tugas meliput sebenarnya ketidaksengajaan, waktu itu mie warna warni itu hanya sebagai santapan siang saya dan Tri yang kebetulan resto tesebut tidak jauh dari rumah Tri. Hanya makan siang biasa, begitu selesai dan kembali pulang baru kepikiran untuk mengambil itu untuk menjadi bahan liputan, itu sebabnya foto pun kami gak sempet ambil, jadi googling. Rapat redaksi kami diadakan seringnya setiap kali selesai mata kuliah jurnal online, rapat kecil lainnya atau pemberitahuan tentang ini itu terkadang lewat jejaring social atau sms sja.

Liputan yang lain adalah sekolah master, waktu itu sepulang kampus saya dan Tri ke sekolah tersebut, bertemu dengan salah satu pengajar di sana dan selanjutnya diperkenalkan dengan kepala sekolah SMA-nya. Kebetulan pada hari H untuk meliput tentang UN tersebut saya sakit, jadi hanya Tri dan Dwi yang meliput dan saya yang menulis naskah dari hasil liputan mereka saja.

Es Krim Ragusa, kami semua meliput kesana. Kami liputan tanggal 18 April 2011 pada siang hari, beberapa es kami coba di sana. Untuk masalah harga, kalau boleh jujur cukup mahal buat kantong mahasiswa seperti kami, jadi kami patungan untuk mencoba es tersebut, ada satu s yang kami ingin tapi woooww harganya, akhirnya untuk mendapat gambar dari es tersebut kami meminta pengunjung meja sebelah untuk mengambil gambar dari es mereka. Dan pada hari yang sama Dwi meliput invitasi basket antar wartawan, hanya dia sendiri.

Lalu pada 20 April 2011 kami kerumah Pepeng untuk berbincang dengan beliau. Kami bisa membuat janji dengan beliau lewat twitter, Dwi salah satu teman saya yang mengubunginya. Jadi pada Selasa sore kami ke rumahnya di daerah Cinere. Di rumah Pepeng kami disambut oleh pembantu rumah tangga, lalu salah seorang teman Pepeng yang memang sedang mebuat satu project dengannya. Kami mengobrol sekitar satu setengah jam di rumahnya, membicarakan banyak hal dengan Pepeng, terutama rencananya ke depan.

Lalu rumah keramik, kebetulan waktu itu tidak direncanakn ke sana. Sepupu saya tiba-tiba mengajak ke Rumah Keramik untuk tugas kuliahnya, saya pikir kenapa tidak sekalian saja, jadilah saya sendiri ke sana karena gak sempet kasih tau temen-temen yang lain, tapi saya tetap pamit mau liputan ke sana. Di Rumah Keramik saya disambut oleh salah satu karyawan, Joko namanya. Dia mengajak saya dan sepupu jalan-jalan di Rumah Keramik tersebut, cukup lelah karena luas tanahnya hampir satu hektar. Dari rumah utama sampai tokonya pun kami ditunjukan.

Lalu festival museum, acara yang diadakan di Museum Fatahilah ini berlangsung pada tanggal 18 Mei 2011. Saya dan Tri berangkat dengan naik kereta api, Septi dan Uti dengan busway dan Dwi berangkat sendiri karena dia pulang dari kantor. Sebelnya pada saat kami ber-empat janjian di daerah Kota,hujan turun cukup deras dan menghambat kami untuk sampai di tempat acara. Hujan cukup lama, pada 11.00 hujan mereda dan kami ke Fatahilah, ternyata acara sudah dimulai dan kami mengunjungi satuper satu booth museum di sana. Kami sampai sore haridi sana. Menyebalkannya cuaca di atas jam 12.00 sangat panas. Kami juga ikut menandatangani kain putih yang berisi dukungan tentang museum, hari itu diakhiri dengan kami berpencar lagi pada 16.00.

Pada 06 Junim2011, Festival Jajanan Bango diadakan. Kebetulan sekali acara tersebut hanya beberapa meter dari rumah saya, satu keuntungan buat saya. Saya ke sana bersama Tri sekitar jam makan siang, saat datang saya hanya memakai celana pendek dan kaos saja, tapi begitu sampai di sana ternyata panasnya menyengat sekali. Karena rumah dekat, saya mengajak Tri ke rumah saya dulu, sekalian saya ganti baju dan ambil payung. Setengah jam kemudian kami kembali ke stadion yang memang menajdi tempat dari acara tersebut, semakin banyak orang di sana. Hal pertama yang kami lakukan adalah membeli kupon yang menjadi mata uang untuk membeli makanan di sana. Setelah itu kami berjalan untuk cari booth mana yang menarik. Lalu kami memilih Bebek Ireng, sedikit sekalipikir kami porsinya. Setelah itu kami kembali berjalan untuk mencari informasi, dan beruntung saat kami membeli minum lalu kembali duduk seorang panitia berdiri di situ dan bisa langsung kami tanyai. Kami pulang sekitar pukul 14.30, panas tentu saja dan cape.

Liputan yang belum lama kami lakukan adalah Jakarnaval. Saya kembali bersama Tri berangkat bersama ke sana,kami tidak hanya berdua tapi juga bersama dua Dara dan Fika. Kami naik kereta pada 13.00 dan kami berdiri di gerbong wanita, awalnya kami mengobrol tapi lama kelamaan panas dan pengap terasa, saya dan Dara memanggil seorang penjaga untuk protes, beberapa kali kami protes tapi tidak digubris sama sekali. Sekitar 45 menit kami sampai di stasiun Gondangdia, kami duduk dulu sekedar untuk ‘tarik napas’ karena pengap tadi di dalam kereta. Karena masih lama dari acara,kami makan dulu di daerah Sabang. Setelah itu kami jalan kaki menuju acara. Sesampai di sana ternyata sudah ramai, beruntung karena kami ber-empat datang lebih awal kami bisa berdiri di barisan depan bersama dengan kerumunan pers, berunutng pikir saya dan lumayan dikira wartawan oleh polisi yang berjaga di sana. Acara berlangsung meriah, dan cukup lama. Saya berpencar dengan Tri, dia yang mangambil gambar saya mencari informasi. Setelah acara selesai, sya baru bertemu dengan Septi, lalu karena lelah kami duduk di pagar luar Monas. Dan tak lama iring-iringan mobil hias kembali, dan kami (saya,Tri, Septi, Fika, Dara,Mala) excited karena masih ada seorang ‘abang’ (Abng-None) di atas mobil dan kami berteriak lalui melambaikan tangan dengan hebohnya, lalu kami foto-foto juga.

Liputan-Liputan yang menyengkan, walau terkadang ada juga rasa jengkel terhadap anggota dari newsfloods. Cuma biar bagaimanapun,saya senang selama beberapa waktu belakangan bisa mengelola newsblog, memberi informasi dan terjun langsung ke lapangan. Panas- panasan, atau huhan-hujanan saya tetap senang apalagi kalau melihat hasilnya sekarang, memang belom sempurna tetapi kami sudah berusaha semaksimal mungkin 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: